Untuk Respon Lebih Cepat Mengenai Pertanyaan Yang Berhubungan Dengan Artikel Di Maktabah Udiatama Silahkan Kirim Pesan Ke udy_hariyanto@yahoo.com

STRATEGI MEMILIH JURUSAN


             Menentukan jurusan yang akan kita pilih merupakan hal yang sangat penting. Karena jika kita salah menentukan jurusan bisa berakibat fatal. Pertama, kita bisa gak jadi kuliah padahal kita pingin banget kuliah di UIN Syarif Hidayatullah yang keren itu...! cuma gara-gara kita terlalu pede milih jurusan yang favorit. Kedua, kita bisa kuliah tapi di jurusan yang kita tidak suka karena waktu menentukan jurusan dengan menghitung kancing baju atau dengan melempar dadu ular tangga akibatnya kita menjalani perkuliahan dengan asal-asalan. Nah...! jangan sampai hal ini terjadi pada temen-temen, oleh karenanya perlu ada strategi dalam memilih jurusan agar kita diterima di jurusan yang kita inginkan. berikut kisi-kisinya:

  1. BerIstikharahlah mohon kepada Allah petunjuk, jurusan apakah yang terbaik bagi kita. kalau dapat petunjuk dan kamu yakin maka jadikanlah itu pilihan pertama.
  2. Kalau kamu tidak dapat petunjuk atau jangan-jangan kamu memang gak pernah sholat istikharah! pilihlah jurusan yang paling kamu sukai, tempatkanlah jurusan itu di pilihan pertama.
  3. Pilihlah pilihan kedua jurusan yang kamu sukai tetapi yang rating peminatnya dibawah pilihan pertama, karena peluang diterimanya lebih besar.
  4. Jangan menempatkan pilihan kedua jurusan yang rating peminatnya lebih besar dari pilihan pertama karena jika kamu gagal dipilihan pertama, sangat kecil kemungkinannya kamu akan diterima dipilihan kedua.
  5. Berdoalah yang khusuk supaya kamu diterima...!

KHUSUS BAGI KAMU YANG TIDAK PEDULI DENGAN JURUSAN (YANG PENTING KULIAH)

           Terkadang seorang sarjana pendidikan bahasa inggris tidak mahir menjadi guru bahasa inggris, tapi justru rezekinya malah kenceng menjadi penjual kamus. atau sarjana perbankkan karena kalah saing gagal menjadi pegawai bank, rezekinya justru mengalir dari menjadi tukang kredit. Masih banyak contoh-contoh yang lain yang menggambarkan bahwa pendidikan tidak sepenuhnya menentukan pekerjaan seseorang, kembali lagi bahwa rezeki Allahlah yang mengaturnya aktifitas atau pekerjaan kita hanya sebagai perantara saja. kayakinan yang perlu kita bangun yaitu bahwa "Menuntut Ilmu itu Wajib" jadi kita tidak perlu risau kita harus menjadi apa kelak, yang terpenting menjadi orang yang banyak ilmu karena orang yang banyak ilmu pasti akan bermanfaat dimanapun ia berada. Nah...! jika kamu termasuk orang yang tidak mementingkan pilihan jurusan maka pilihlah jurusan yang rating peminatnya rendah pasti kamu diterima, resikonya kamu harus menahan rasa bosan dengan matakuliah-matakuliah yang tidak kamu sukai. Demikan semoga membantu.

PESAN BUKU PREDIKSI SOAL-SOAL UJIAN MASUK UIN JAKARTA 2019

218 comments:

  1. assalamu'alaikum. Saya ingin bertanya, Pilihan pertama saya jurusan sastra arab dan pilihan kedua sastra inggris... kira2 di antara kedua itu yang mana yang rating peminatnya lebih tinggi? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam wr wb, terimakasih pertanyaannya, sastra arab ratingnya lebih tinggi dr pada sastra inggris walaupun perbedaannya tidak begitu jauh antara keduanya, jadi tepat sastra arab jadi pilihan utama dan sastra inggris kedua.

      Delete
    2. Kak apakah ini berlaku di seluruh uin bahwa rating sastra arab lebih tinggi di banding sastra inggris ?

      Delete
  2. Assalamualaikum,saya ingin bertanya saya ingin memilih ilmu hukum dan ilmu politik,kira2 yg lebih baik saya utamakan jurusan yg mana pa ? apabila dilihat dari peminat dan peluang masuknya. Terimakasih pa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya, ilmu hukum salah satu yang favorit di fakultas syariah setelah muamalat, sedangkan ilmu sospol favorit di FISIP setelah HI, namun jika di lihat dari jumlah peminat Ilmu Hukum masih diatas Ilmu Sospol, jadi menurut saya akan lebih baik jika Ilmu Hukum diatruh di pilihan pertama

      Delete
  3. Assalamualaikum,saya ingin bertanya saya ingin ilmu hukum dan hubungan internasional,kira2 yg lebih baik saya utamakan jurusan yg mana pa? apabila dilihat dari peminat dan peluang masuknya. Terimakasih pa

    ReplyDelete
  4. wa'alakumussalam wr wb, keduanya merupakan jurusan favorit yang jumlah peminatnya sangat tinggi, namun sejauh pengamatan kita HI lebih favorit hal ini terlihat dari jumlah peminat yang cenderung naik tiap tahunnya, dan HI merupakan jurusan terfavorit di FISIP yang prosentasenya kurang lebih 5% atau rata-rata perbandingannya 1:15-20, ini merupakan persaingan yang ketat dibandingkan Ilmu Hukum yang secara kuantitas dibawahnya. memang perhitungan semacam ini tidak cukup menjamin karena kita hanya melihat dari peminat tahun sebelumnya. padahal, jurusan yang tahun sebelumnya peminatnya banyak belum tentu tahun ini akan banyak juga, karena orang biasanya udah takut dulu untuk bersaing, tetapi walaupun demikian jika saya yang harus memilih HI akan saya taruh di pilihan pertama dan Ilmu Hukum kedua, dengan harapan kalau saya gagal dipilihan perta saya masih tetap diperhitungkan dipilihan kedua. walaupun secara matematis jika Ilmu Hukum pilihan pertama peluangnya lebih besar karena persaingannya tidak seketat HI dengan resiko kita tidak bisa berharap pada pilihan kedua. demikian semoga membantu...

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah ya allah, pa ini sangat membantu sekali, terimakasih banyak pa untuk penjelasan nya dan jawaban nya ya pa,Jazakallah khairan kastiran ya pa :)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum pa,pa saya mau bertanya untuk penilaian tes uin itu ada minimalnya tidak misalnya kalau mau jurusan hukum harus benar berapa,ada atau tidak pa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada batasan, yang diambil yang nilainya tertinggi sejumlah kuota yang dibutuhkan

      Delete
  7. Assalamu'alaikum,
    saya ingin memilih jurusan tafsir hadis dan KPI,
    antara keduanya manakah yang paling besar peluanya berdasarkan kuota dan peminatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TH favorit di Fakultas Ushuluddin KPI favorit di Fakultas Dakwah, tapi kalau dilihat dari rating KPI masih lebih tinggi, jadi menurut saya akan lebih bagus kali KPI pertama dan keduanya baru TH

      Delete
  8. assalamualaikum, kalau KPI dengan sastra inggris lebih baik mana yang di pilihan pertama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPI ratingnya lebih tinggi, jadi akan lebih baik kalo ditaruh pada pilihan pertama, dan keduanya sastra inggris

      Delete
  9. assalamualaikum kalau bimbingan penyuluhan islam dan jinayah siyasah bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bimbingan Penyuluhan Islam (FIDKOM) dilihat dari jumlah peminat ratingnya lebih tinggi dari pada Jinayah Siyasah (FSH).

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. assalamu'alaikum.. saya ingin bertanya, bagaimana cara agar diterima di fakultas hubungan internasional ?? apakah yang perlu dipersiapkan ?? insya allah tahun depan ingin melanjutkan di uin jakarta.. syukron...

    ReplyDelete
  12. Wa'alakumussalam wr wb, persaingan masuk UIN jakarta sangat ketat, bahkan tahun 2015 peminat UIN jakarta melalui SBMPTN terbanya kedua seluruh indonesia. untuk HI perbandingan kelulusan sekitar 1:70 (1,4 %), persaingan yang sangat ketat. Oleh karenanya persiapkan dari sekarang, perbanyak latihan soal-soal ujian masuk UIN. kalo perlu ikutlah bimbingan. pastikan telah mahir dengan model-model soal seleksi masuk UIN terutama materi-materi yang diujikan. karena yang lulus hanya nilai terbaik sesuai kuota yang dibutuhkan. jadi nilai tinggi bukan jaminan kalau ternyata ada yang lebih tinggi lagi. dan tentu jangan lupa disamping usaha harus berdoa, semoga membantu. terimakasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Pak saya ingin bertanya, fakultas Ushuluddin dengan fakultas Syari'ah dan Hukum itu lebih banyak mana peminatnya ?
    dan apakah di fakultas Komunikasi dan Penyiaran Islam itu jurusannya hanya jurnalistik saja atau ada jurusan lain ?

    Syukron ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan data 2015 lebih banyak fakultas Syariah dan Hukum, yang mana peminat terbanyak yaitu pada jurusan Muamalat dan Ilmu hukum. Jurusan-jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu, Komunikasi Penyiaran Islam, Jurnalistik, Bimbingan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Kesejahteraan Sosial, Manajemen Dakwah, Manajemen Haji dan Umrah.

      Delete
  14. assalamu'aikum wr.wr, pak saya ingin bertanya? saya bingung memilih Prodi PGMI dan Pendidikan IPS ,lebih banyak yg mna pak peminatnya? wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wwr wb, keduanya sama-sama di Fakultas tarbiyah, sejauh pengamatan kami PGMI lebih banyak peminatnya.

      Delete
  15. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    saya Insya Allah mengambil Muamalah dan PAI. rating dari keduanya yang mana yang paling tinggi peminatnya?
    terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, keduanya sama sama terfavorit di fakultas masing-masing dan persaingannya sangat ketat, akan tetapi sejauh data yang kami punya PAI lebih tinggi rating peminatnya di banding Muamalah.

      Delete
  16. assalammualaikum
    sya berniat kuliah di jurusan Tafsir Hadis
    lulusan SMK akuntansi jadi masih awam dgn soal soal tesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, persiapkan dari sekarang karena persaingan sangat ketat, untuk masuk tafsir hadis mata pelajaran yang akan diujikan yaitu: Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Bhs Arab, Pengetahuan Agama, Tes Bakat Skolastik (TBS), dan IPS. Semua contoh-contoh soal ada di buku Kompilasi Soal-soal Ujian Masuk UIN Jakarta yang akan segera terbit.

      Delete
  17. Assalamu'alaikum..
    Saya ingin bertanya, jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Agama Islam itu rating peminat dan daya tampungnya banyakan mana ya? Terus alamatnya dimana (Pend. Matematika dan PAI)? Lalu di UIN Jakarta ada asrama/ma'had gak? Syukron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, PAI ratingnya jauh lebih tinggi dibanding Pendidikan Matematika, daya tampungnya juga lebih besar. Akan tetapi meskipun daya tampung PAI lebih besar, prosentase peluang diterimanya lebih besar Pendidikan Matematika. PAI maupun Pendidikan Matematika termasuk dalam satu Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang berada di kampus 1 UIN Jakarta. Untuk asrama di UIN Jakarta ada asrama putra, asrama putri dan juga ma'had Ali.

      Delete
    2. kalau ma'had aly disana itu khusus untuk ikhwan saja atau ada ma'had aly untuk akhwat?

      Delete
    3. Ma'had ada untuk putra dan untuk putri

      Delete
  18. Assalamu'alaikum wr wb...
    saya ingin bertanya, pada snmptn tahun ini, saya melihat di web snmptn untuk uin, prodi yg bisa dipilih untuk ipa ada 13, dan ips ada 11, tapi saya tidak melihat prodi seperti ekonomi islam, perbankan syariah, dan juga prodi prodi dari fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. apakah benar hanya ke 24 prodi itu saja yg dapat dipilih?? syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, ya benar untuk masuk jurusan keagamaan (seperti ekonomi islam, perbankan syariah, dan juga prodi prodi dari fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, fakultas ushuluddin, fakultas dakwah, fakultas adab dan humaniora) harus melalui jalur SPAN PTKIN atau UM PTKIN atau SPMB Mandiri.

      Delete
    2. oooh, kalau untuk sistem informasi dan agribisnis, sebaiknya yang mana yg didahulukan pak??

      Delete
    3. Keduanya termasuk jurusan yang peminatnya tinggi namun jika keduanya dibandingkan Simtem Informasi lebih tinggi peminatnya, mengenai yang mana yang harus diutamakan tentu yang paling disukai selanjutnya akan lebih baik jika jurusan yg ratingnya tinggi sebagai pilihan utama supaya jika gagal pilihan keduanya masih diperhitungkan.

      Delete
  19. asalamualikum wr wb , saya ingin bertanya apakah kalo diuin tidak boleh lintas jalur misalnya SMA jurusan ipa tapi daftar snmptn ya jurusan ips ? dan antara ekonomi pembangunan dengan manajemen banyakan mana ya peminatnya, dan apakah benar pendidikan b.indonesia peminatnya 291 dan yg keterima 8 , menurut kaka saya harus bagaimana, terima kasih atas waktunya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, ada yang bisa ada yang tidak biasanya sitem akan secara otomatis menolak jika jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan backgroundnya. Manajemen adalah jurusan yang peminatnya paling tinggi di UIN Jakarta (SPMB 2015). Ya kuota untuk SBMPTN memang tidak lebih dari 10. untuk peluang yang lebih besar ikut seleksi SPMB Jalur Mandiri karena kuotanya lebih besar.

      Delete
    2. Assalamu'alaikum, maaf sebelumnya. saya masih belum faham mengenai lintas minat dari IPA ke IPS atau sebaliknya dalam tahap SNMPTN, bisakah lintas minat di UIN Syarif Hidayatullah?

      Delete
  20. assalamualaikum. mau tanya. inikan waktu sya ambil ptn lewat jalur smptn sya salah jurusan sya harus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, kalau udah di save biasanya sudah tidak bisa dirubah lagi kecuali datang langsung ke admin SNMPTNnya.

      Delete
  21. assalamualaikum .
    mengenai informasi yang saya baca , banyak yang mengatakan UIN tahun ini akan membuka fakultas kedokteran , akan tetapi saat pemilihan prodi di span ptkin saya belum menemukan satupun UIN yang membuka fakultas kedokteran . Boleh kasih informasi mengenai hal itu Kak ? benarkan tahun ini UIN membuka Fakultas Kedokteran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, UIN Jakarta telah lama memiliki Fakultas Kedokteran dengan beberapa Jurusan diantaranya: Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi (+ Apoteker). Untuk masuk Fakultas Kedokteran bisa melalui jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN dan SPMB Mandiri.

      Delete
  22. assalamu'alaikum, saya dari jurusan ipa ingin memilih pendidikan matematika sama manajemen keuangan syariah di UIN bandung . dan KPI sama perbankan syariah di UIN jkrta.. untuk jalur span kan 2 UIN yg kita pilih itu udah benar apa blm ka/dan dari jurusan ipa boleh ga si milih perbankan syariah , terus peluang keterimanya di bandung/jakarta sama intergritas lebih tinggi di prodi yg mna ka maaf ya nanya terlalu bnyk soalnya bnyk yg blum mengetahuinya . terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, untuk pilihan jurusan gak ada masalah, untuk peluang diterimanya di uiN bandung saya rasa lebih besar. untuk KPI dan Perbankkan syariah UIN jakarta sama-sama jurusan favorit yang tentu persaingannya sangat ketat. selain itu saat ini perguruan tinggi negeri yang dibawah kemenag hanya tiga yang terakreditasi A yaitu UIN Jakarta, UIN Malang dan UIN Jogyakarta.

      Delete
    2. Assalamualaikum, saya mau bertanya. Begini saya siswi sma jurusan ipa, apakah bisa jika saya mengikuti seleksi snmptn dan mengambil jurusan PAI?

      Delete
  23. Assalamualaikum
    pak kalau pilihan pertama hukum pidana islam dan kedua nya pendidikan isam. bener ga pak? atau harus dibalik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, untuk memilih jurusan sebaiknya pertama yang sesuai kompetensi masing-masing sehingga pada saat ujian sudah banyak materi yang dikuasai. sedangkan penempatan pilihan sesuai rating/peminat hanyalah salah satu strategi yang itu tidak 100% menjamin lulus. dengan pertimbangan kedua pilihan tersebut akan dipertimbangkan. mengenai rating Pendidikan Agama Islam jauh diatas Hukum Pidana Islam, secara otomatis persaingan PAI lebih ketat. dan umumnya jurusan yang lebih favorit itu ditaruh pada pilihan pertama.

      Delete
  24. assalamualaikum saya udah milih jurusan KPI dan PAi di uin jkt dan jurusan PAI dan KPI di uin bandung. nah itu urutan prodinya sudah benar belum .
    peluang lebih besar adanya di jakarta atau di bandung..

    ReplyDelete
  25. Assalamu'alaikum. Saya mau bertanya,apakah ada perbedaan antara spmb mandiri dengan um ptkin ? apa dari soal berbeda dan untuk smk sebaiknya ambil tes um/spmb mandiri?
    terima kasih

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum, kalau ekonomi syariah dengan perbankan syariah peminatnya banyakan mana ya kak? terus diantara 2 itu kuotanya berapa? syukron

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum,saya ingin bertanya saya ingin jurusan perbankan syraiah dan ilmu perpustakaan ,kira2 yg lebih baik saya utamakan jurusan yg mana ya? apabila dilihat dari peminat dan peluang masuknya. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum, untuk manajemen dan ekonomi pembangunannya, masih favorit dan lebih ketat yang mana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum, untuk kesehatan masyarakat dan ilmu keperwatan uin jakarta peminatnya lebih banyak yg mana ya ? terimakasih

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum, tahun depan saya akan ikut tes spmb uin, saya akan memilih prodi sosiologi dan KPI, diantara ke2 prodi itu, yg peminatnya lebih tinggi yg mana ya untuk bisa di jadikan pilihan pertama? Termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, KPI terfavorit di akultas Dakwah dan Komunikasi sedangkang di FISIP, Sosiologi masih kalah dengan HI. Secara umum KPI lebih favorit.

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum insyaAllah tahun depan saya mau melanjutkan di uin dengan pilihan jurusan perbankan syariah, kirakira apa saja soalsoal yg dites? Dan apakah banyak peminatnya karena saya dari MA jurusan keagamaan agak minder sama anak ips , terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, soal yaang diujikan untuk masuk perbankan syari'ah yaitu B. Indonesia, B. Inggris, B. Arab, Pengetahuan Agama, Skolastik, Matematika IPS, IPS Terpadu. Peminat Perbankan Syari'ah sangat banyak karena termasuk jurusan yang favorit.

      Delete
  33. Assalamualaikum wr. Wb. Insya Allah tahun ini saya snmptnnya di uin jkt saya pengen nanya pak antara hubungan internasional dan jinayah siyasah prodi mna yg hrus saya utamakan dulu pak ? terima kasih wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, HI lebih lebih tinggi ratingnya, lbh banyak peminatnya, lebih berat persaingannya. untuk pilihan terserah masing2 tapi untuk peluang lebih besar JS

      Delete
  34. Asslamualaikum wr.wb Insya Allah saya akan ikut SNMPTN di UIN JKT apakah benar klo di snmptn tidak bisa kalo saya mengambil jurusan kpi atau managemen dakwah? harus jurusan non keagamaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, untuk masuk jurusan KPI atau Manajemen Dakwah lewatnya jalur PPA PTKIN atau UM PTKIN atau SPMB MANDIRI.

      Delete
  35. assalamualaikum tahun ini Fakultas Kedokteran sudah membuka peluang di SPAN PTKIN atau belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, utk kedokteran karena tergolong sains mk jalur masuk nya SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Tidak ada di SPAN-PTKIN maupun di UM-PTKIN

      Delete
  36. assalamualaikum, apakah di span ptkin kita harus memilih uin/iain yang ada diwilayah kita? misalnya ni, saya dari wilayah 1, apakah salah satu pilihan saya harus berada diwilayah 1?

    ReplyDelete
  37. pak saya ingin bertanya
    saya jurusan mipa saat span ptkin memilih pendidikan bahasa inggris
    apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, bisa karena bahasa inggris masuk paket B (sosial)

      Delete
  38. Assalamualaikum,saya ingin minta pendapat, saya pengen banget kuliah di UIN sunan Kalijaga Jogja tapi kuotanya sangat kecil kalau lewat span-ptkin,gimana ya?

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum,saya ingin minta pendapat, saya pengen banget kuliah di UIN sunan Kalijaga Jogja tapi kuotanya sangat kecil kalau lewat span-ptkin,gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, bisa melalui jalur mandiri atau sbmptn karena sekarang quota utk sbmptn sudah diperbesar

      Delete
  40. Assalamualaikum, kan saya tinggal di lampung nih trus di pilihan prodi pertama saya ambil KPI Uin Jkt lalu pilihan kedua KPI Uin Lampung. Kira2 strategi sya tsb sudah benar atau justru pilhan pertama harus mengutamakan daerah asal kita? Jazakallah mohon pencerahan

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum, kan saya tinggal di lampung nih trus di pilihan prodi pertama saya ambil KPI Uin Jkt lalu pilihan kedua KPI Uin Lampung. Kira2 strategi sya tsb sudah benar atau justru pilhan pertama harus mengutamakan daerah asal kita? Jazakallah mohon pencerahan

    ReplyDelete
  42. Wa'alkmslm, utk KPI uin jakarta adl favorit di fakultas dakwah, persaingannya cukup ketat karena ratingnya tinggi, utk KPI uin lampung saya kurang tahu. Tp kalau dilihat dari akreditasi baik tingkat Universitas maupun jurusannya UIN jkt A KPI A. Jadi kalau KPI uin jakarta pertama peluang lebih berat tp masih ada harapan di pilihan kedua, tapi kalau KPI uin lampung pertama kemungkinan peluang lebih besar tp td bisa berharap pd pilihan kedua, kecuali pilihan kedua jurusan yg ratingnya lbih rendah

    ReplyDelete
  43. assalammu'alaikum,saya mau masuk jurusan muamalah, PGMI, pend. B.Indonesia, PGRA uin jakarta, kira-kira yg mana ya rating peminatnya dari yg paling tinggi sampai yg rendah????? oiya kok untuk manajemen haji & umrah gk ada jurusannya di SPAN-PTKIN????? Jazakallahukhairan mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  44. Assalammu'alaikum kak, saya mau masuk MUAMALAH, PGMI, pend. B.Indonesia, PGRA di UIN JAKARTA, kira2 yg mana ya rating peminatnya yg palingrendah????? Oiya kok untuk MANAJEMEN HAJI UIN JKT gk ada jurusannya di SPAN-PTKIN????? Jazakallahukhairan mohon pencerahannya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, muamalah,pgmi, b indonesia, pgra. Manajemen haji umrah adalah kosentrasi dari jurusan manajemen dakwah, jadi milih manajemen dakwah kemudian kosentrasi manajemen haji dan umrah

      Delete
  45. assalamualaikum
    mau nanya kalau di span ptkin uin jkt bisa di pilihan kedua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, bisa tapi tentu peluang diterima nya sangat kecil

      Delete
  46. Kalo keterima boleh pindah jurusan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi harus mengikuti seleksi spmb pada jurusan yg dituju dan lulus, baru setelah itu di lakukan konversi Nila Mata kuliah

      Delete
    2. Uin bandung yang paling di minati di span ptkin kira2 apa aja yah, terus jurusan apa yang paling rendah ?

      Delete
  47. Assalamu'alaikum ka smk teknik gaboleh ambil jurusan kesehatan?

    ReplyDelete
  48. Assalamu'alaikum
    saya anak jurusan IPA tapi mau lintas jurusan ke IPS di UM-PTKIN apakah itu diperbolehkan ?

    ReplyDelete
  49. assalamualaikum, pak dari jurusan akuntansi dan manajemen .manakah yg lebih favorit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, akuntansi dan menejemen sama favorit ratingnya sangat tinggi oleh karenanya persaingan sangat ketat

      Delete
  50. Assalamualaikum..
    Pak saya lulusan smk jurusan multimedia,saya mau daftar ke uin jakarta jurusan pendidikan matematika, saya mau ikut spmb mandiri.. kira kira tesnya bagaimana ya? Punyak gak gambaran soalnya? Trus kalo ikut spmb mandiri kita bia milih berapa jurusan?

    Maaf banyak tanya..maklum masih awam.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, ada untuk infonya silahkan klik menu home pada halaman ini

      Delete
  51. Assalamualaikum..
    Pak saya lulusan smk jurusan multimedia,saya mau daftar ke uin jakarta jurusan pendidikan matematika, saya mau ikut spmb mandiri.. kira kira tesnya bagaimana ya? Punyak gak gambaran soalnya? Trus kalo ikut spmb mandiri kita bia milih berapa jurusan?

    Maaf banyak tanya..maklum masih awam.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, setiap pendaftar bisa memilih 2 jurusan

      Delete
  52. assalamualaikum. Pa kalo administarsi negara sama muamalah itu peminatnya lebih besar mana? kl misalnya saya pilih administarsi/muamalah pilihan 1 dan ekonomi syariah pilihan 2 gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, ekonomi syariah ratingnya sangat tinggi dibanding muamalah, dengan urutan spt yang anda sebut memang peluang lebih besar tapi tidak bisa berharap banya dari pilihan kedua

      Delete
  53. Assalamualaikum kak, saya mau masuk PTIN dan saya memilih jurusan hukum keluarga dan hukum ekonomi syariah. Kira2 yang peminatnya paling banyak yang mana ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, Ekonomi syaria'ah peminatnya lebih banyak, dan ia merupakan jurusan favorit di UIN Jakarta

      Delete
  54. Assalamualaikum , saya nabiella lulusanpondok pesantren. karena pengabdian, syarat ijazah belum ada, padahal saya luusan tahun 2016 bagaimana? lalu bagaimana peluang masuk hukum siyasah di UIN Jakarta lewat jalur UMPTKIN? adakan peluang masuk untuk lulusan pesantren? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, peluang sangat terbuka. mengenai ijazah bisa menggunakan SKL (surat keterangan lulus)

      Delete
  55. Assalamu'alaikum, saya ingin bertanya pak. Saya dari sma ipa, ingin masuk ilmu Al-Quran dan tafsir,, saya harus mengambil tes apa di um-ptkin, ipa atau ips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, B. Ind, B. Ing, B. Arab, TBS, Peng Agama, IPS Terpadu

      Delete
    2. untuk UM-PTKIN hanya seleksi untuk jurusan2 Agama dan IPS jadi tidak ada IPA, kalau IPA melalui jalur SBMPTN

      Delete
  56. Assalamu'allaikum saya lulusan smk teknik boleh kah saya ikut mandiri uin jkt,mengambil jurusan kpi? tolong banget direspon

    ReplyDelete
  57. asalamualaikum pak sy mau masuk lewat umptkin ke uin jkt dn bdg it jrsan PAI DAN PGMI itu peluang ny mna yg lbh besar? lalu sy pilih uin jkt/bdg dlu? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, Kembali masalah peluang tentu UIN Bandung lebih besar karena persaingannya tentu tidak seketat UIN Jakarta salah satu diantaranya karena akreditasi UIN Jakarta sudah A. namun demikian sesungguhnya peluang dapat kita ciptakan dengan persiapan yang lebih matang.

      Delete
  58. assalamu'alaikum pak,
    maaf ikut tanya, saya di umptkin pengen ngambil prodi pend. agama islam sama prodi hukum tatanegara di UIN Walisongo Semarang, kira-kira dari dua prodi tersebut apa yang peminatnya yang lebih tinggi yah pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'[alakumussalam wr wb, hampirl di semua UIN/IAIN/STAIN untuk jurusan keagamaan PAI selalu peminatnya paling banyak.

      Delete
  59. Assalamualaikum....
    Antara Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidyatullah dengan Pendididkan Kimia UIN Bandung. Mana yang peluang masuknya lebih besar? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb, Bhs dan Sastra Arab UIN JKT termasuk jurusan yang ratingnya sangat tinggi, kalau dilihat rating peminatnya saya rasa P. Kimia UIN Bandung peluang masuknya lebih besar.

      Delete
  60. Assalamualaikum...
    saya ingin minta pendapat untuk jurusan pen.biologi,PGMI,dan PAI di UIN Bandung, mana yg peluang masuknya lebih besar, dan untuk urutan prodinya yg didahulukan yg mana. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb, P. Biologi dan PGMI peluangnya lebih besar karena PAI peminatnya biasanya sangat tinggi dari situ bisa disimpulkan peluangnya lebih kecil.

      Delete
  61. Assalamualaikum.. Saya memilih prodi PAI dan p.ba kira kira yang mana ya peluangnya lebih besar.. Saya ingin ke uinsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb, kalau berbicara peluang PBA tentu lebih besar karena hampir di semua PTAI/N Rating PAI tingggi, walaupun tidak selamanya rating tinggi persaingan tinggi juga, terkadang rating tinggi juga peluang lebih besar. karena rating di ukur dari kuantitas bukan kualitas.

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum.. saya dari SMA jurusan IPA. Ingin mengambil jurusan PAI dan komunikasi penyiaran di sunan kalijaga tetapi jurusan soshum. saintek tidak ada..
    apa boleh saya dari jurusan ipa tapi tes UMPTKIN mengambil jurusan IPS?
    Dikarenakan jurusan di IPA yg ada di UIN kebanyakan pendidikan mate fisika kimia. Agama agama hanya ada di ips

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, kalau dari IPA ngambil IPS atau Agama biasanya bisa. Pilihan Jurusan UM-PTKIN hanya IPS dan Agama.

      Delete
  64. Assalamu'alaikum.. saya mau nanya kalo prodi agribisnis sama biologi itu ratingnya lebih tinggi yang mana? kedua prodi itu kuota jalur spmb tahun ini brp? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumussalam wr wb, agribisnis lebih tinggi

      Delete
  65. assalamualaikum, pa bagaimana sih agar kita dapat lolos UM-PTKIN untuk jurusan perbankan syariah yang peminatnya sangat banyak.
    apa saja yang harus kita persiapkan agar lolos, terima kasih pa

    ReplyDelete
  66. assalamualaikum, pak saya mau tanya kalau prodi ilmu sospol sama Hub.internasional ratingnya lebih tinggi yg mana? kalau ilmu sospol dijadikan pilihan ke 2,dan akuntansi ke 1. peluang nya gmna pak?

    ReplyDelete
  67. Assalamu'alaikum,Pak. Apabila saya memilih KPI sbg pilihan 1 dan pilihan 2 adl Manajemen Dakwah,sudah tepatkah keputusan saya?

    ReplyDelete
  68. Assalamu'alaikum, pak.. Saya mau ambil jurusan perbankan syariah di spmb mandiri, tp saya masih bingung utk pilihan kedua nya pak. Kira2 jurusan yang aman saya pilih apa ya pak? Yang peminatnya dikit tp peluang nya besar?

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum pak, apabila saya memilih agribisnis sebagai pilihan 1 dan perbankan syarian pada pilihan 2 melalui jalur spmb mandiri, sudah tepatkah keputusan saya?w

    ReplyDelete
  70. Assalamualaikum pak,saya smk teknik,mau mandiri ngambil jurusan yang kelompok ips dan agama apakah bisa?,atau saya harus ngambil yang kelompok ipa,? Terimakasih tolong direspon

    ReplyDelete
  71. assalamualaikum pak, saya man ipa, si spmb saya ingin ambil jurusan kesehatan masyarakat dan perbankan syariah. bagaimana dengan soal saat ujian nya? apakah ipc atau semua soal itu sama apa pun jurusannya?

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum, kak saya mau tanya, diantara jurusan muamalat dan kpi mana rating yg lebih tinggi? Makasih kak 😊

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum...
    saya ingin minta pendapat untuk jurusan Administrasi Negara, PGMI,dan ekonomi islam di UIN SGD Bandung, mana yg peluang masuknya lebih besar, dan untuk urutan prodinya yg paling tepat yg mana dulu ya pak. Terimakasih

    ReplyDelete
  74. Assalamualaikum wr wb. Saya mau nanyak, kalo jurusan perbankan syariah & akuntansi mana yang paling tinggi ya kak? Saya ingin mencoba di universitas Islam Negeri Sumatera Utara, terimakasih :)

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum kak saya mau nanya.. kemarin pas spmb saya memilih farmasi dan ilmu keperawatan kira dua prodi itu termasuk favorit?
    Dan untuk daya tampung di spmb berapa ya kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  76. Assalamu'alaikum pa, rencananya saya akan mengambil antara jurusan perbankan syariah UIN jkt, manajemen keuangan syariah UIN jogja/Bandung dan ekonomi syariah banten. Kira2 strategi yang tepat bagaimana ya pa? Saya bingung

    ReplyDelete
  77. Assalamualaikum, Kak saya boleh tanya gk?

    Saya kan tahun ini mau kelulusan, terus saya niatnya mau lanjutin kuliah di Uin Syarif hidayatullah Jakarta.
    Tapi saya lulusan dari SMK, dan saya pengenya sih ngambil jurusan Bahasa Sastra Arab. Bisa gak sih kak?

    Mohon infonya yaa ka. ��

    ReplyDelete
  78. Assalamualaikum pa,saya mau tanya kalau lulusan smk akuntansi masuk hukum ekonomi syariah itu peluangnya besar atau tidak?dan jika tidak,jurusan apa yg ada di fakultas syariah yang cocok dengan lulusan smk akuntansi
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, bisa masuk perbangkan syariah atau muamalat (hukum ekonomi syariah) atau juga ekonomi syariah (Fak Ekonomi)

      Delete
  79. Assalamualaikum pak, saya mau tanya peluang untuk masuk jurusan antara farmasi dan kes.mas itu bagaimana ya pak.. saya mau masuk UIN Jakarta, tapi saya masih bingung prodi mana yg harus di letakan di prioritas 1. Mohon bantuannya pak.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, keduanya adalah jurusan yg peminatnya sangat tinggi, persaingannya sangat ketat. Tapi kalau dirating farmasi lebih tinggi

      Delete
  80. Assalamu'alaikum boleh kah minta pendapat? Saya lulusan SMA IPA.. saya daftar UIN lewat jalur span shg prodi yg bisa saya ambil keagamaan.. kebetulan dr dulu saya ingin ambil Pai.. berapa persen kemungkinannya saya bisa lolos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, seberapa besar peluang kita lulus itu ada seberapa besar usaha kita mempersiapkan ujian seleksi. Yang jelas PAI adalah jurusan keagamaan yang sampai saat ini peminatnya masih tertinggi. Jadi persiapkanlah dengan matang karena persaingannya sangat ketat.

      Delete
  81. Assalamu'alaikum kak
    Saya mau nnya tentang jalur SPANPTKIN
    Basic nya saya jurusan IPA di SMA.

    Prtnyaannya :
    1. Untuk jalur SPANPTKIN, apa bisa lintas jurusan ? Atau hnya IPA untuk IPA, dan IPS untuk IPS. Mslhnya, pada saat pemilihan prodi, website tidak mengelompokkan prodi IPA dengan IPS.
    2. Klo memang bisa lintas jurusan, apa peluangnya bisa berkurang ?
    3. Mohon di jelaskan lagi, untuk jalur SPANPTKIN itu jurusan untuk IPA ajh yah ? Mslhnya nggk ada pengelompokkan jurusan

    Makasih kak
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, dari IPA bisa masuk sosial dan keagamaan. Untuk peluang semua jurusan sama, sekolah tdk berpengaruh yg penting lulus ujian seleksi. Semua jurusan bisa masuk melalui jalur SPAN PTKIN, hanya saja jurusan yg bisa di pilih hanya keagamaan saja.

      Delete
  82. Assalamualaikum saya mau tanya? Saya ini dari jurusan ips saya ingin mengambil jurusan pendidikan matematika di UIN jakarta itu gmna yah? Dan pilihan kedua saya ekonomi syariah.. Benarkah saya menempatkan pendidikan matematika yang pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, dari ips tidak bisa ke ipa.

      Delete
  83. Assalamualaikum kak
    Saya ingin bertanya apakah kalau fakultas kedokteran itu tidak bisa melalui jalur UM PTKIN ya kak??

    ReplyDelete
  84. Wa'alkmslm, ya benar. Kalau mau masuk kedokteran melalui jalur snmptn, sbmptn dan jalur mandiri.

    ReplyDelete
  85. Assalamualaikum saya mau nanya.pilihan pertama mending pai atau perbankan syariah ya?soalnyakan sama2 favorite tpi lebih prioritas pertama jurudan apa ya?terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, saran saya lebih utamakan perbangkan syariah. Karena meskipun persaingannya sama2 kuat tapi prospek kedepan lebih bagus.

      Delete
  86. assalamualaikum, kak mau tanya. antara dirasat islamiyah, PAI, dan Sastra Arab yang peminatnya paling banyak yang mana ya?
    terus kalo kita mau milih jurusan apa harus melihat kuotanya juga? syukran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, urutan dr peminat yg paling banyak, pai, sastra arab baru dirasat. Kuota dan peminat perlu jadi pertimbangan. Kuotanya banyak peminatnya sedikit maka peluang diterimanya besar.

      Delete
  87. Assalamu'alaikum, kak mau tanya ni , klau saya ambil dipilihan pertama perbankann syari'ah, pilihan kedua bimbingan konseling islam dan dipilihan ketiga pendidikan biologi, itu sudah cocok atauu belum ya kak??? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, ya sudah benar tinggal belajar sungguh2 dan banyak berdoa.

      Delete
  88. Assalamualaikum kak saya mau tanya, saya memilih jurusan Ekonomi syariah, pendidikan bhs inggris dan perbankan syariah di UIN Jakarta. Supaya saya keterima di univ tersebut, strategi penempatan jurusan nya yg mana dulu ya kak? Dan peminatnya lebih sedikit mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alkmslm, kalau di rating antara ES dan PS hampir sama tinggi, dibawahnya PBI. Saran saya urutkan sesuai rating, tapi harus dipersiapkan dengan sungguh2 karena persaingan sangat ketat.

      Delete
  89. Assalamu'alaikum,
    saya ingin memilih jurusan ekonomi pembangunan dan manajemen dakwah,
    antara keduanya manakah yang paling besar peluangnya berdasarkan kuota dan peminatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, Manajemen Dakwah lebih besar peluangnya karena peminatnya tidak sebanyak Ekonomi Pembangunan

      Delete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Assalamualaikum kak, saya mau tanya, saya dri sma jurusan ipa,kalau ingin ikut spmb ambil jurusan ekonomi syariah dan pendidikan biologi itu bisa tidak ya? Kira2 tesnya apa aja ya kak? Terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, dari IPA bisa masuk ke semua jurusan. mata kuliah yang diujiakan B Indo, B Ing, Pengetahuan Agama, TPA/Skolastik, IPA Terpadu< IPS Terpadu, Bahasa Arab, Matematika IPS.

      Delete
  92. Assalamu'alaikum wr.wb
    Kak mau nanya misal ketrima jalur sbmptn atau umptkin, boleh ngak pindah jurusan misal dari MPI pindah ke PBI.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, Untuk pindah diawal semester tidak bisa tapi untuk semester ketiga bisa, dengan cara mengikuti seleksi masuk SPMB seperti awal masuk, pilihlah jurusan baru yang diminati kalau diterima maka mata kuliah yang sudah di ambil sebelumnya bisa dipindah ke jurusan yang baru dengan mengajukan konversi mata kuliah. yang bisa dikonversi hanya mata kuliah yang sama dengan di jurusan yang baru. jadi mata kuliah yang pernah diambil kalau tidak ada di jurusan yang baru maka tidak akan terpakai.

      Delete
  93. Kak saya dari MAN jurusan ipa. Saya mau ikut UM-PTKIN tahun ini. Ujian UM-PTKIN itu jurusan yg dipilih boleh jurusan ipa? Sistem pemilihan jurusannya gimana, apa harus jurusan yg agama saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, UM PTKIN hanya untuk jurusan agama, jadi kalau mau memilih jurusan IPA melalui jalur SBMPTN atau jalur Mandiri. untuk SBMPTN sosial dan saint saja, UM PTKIN agama saja, Jalur Mandiri bisa semuanya...

      Delete
  94. assalamu'alaikum, kak mau tanya, saya kan dari mipa, terus mau ikut span ptkin, saya pilihnya tadris bahasa inggris sama sastra inggris? Kira kira yang harus jadi pilihan pertama yang mana ya? Terus apa boleh saya lintas jurusan kalo ikut span ptkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, pada tahun2 sebelumnya ujian masuk uin melalui 5 jalur dan di bagi menjadi 2 kategori sosial saint dan agama. untuk seleksi dengan nilai raport mipa dan sosial melalui jalur SNMPTN, sementara untuk jalur agama dengan nilai raport melalui SPAN PTKIN. jadi kalo mau ke B Inggris atau Sastra Inggris melalui SNMPTN. silahkan cari infonya di website http://snmptn.ac.id/

      Delete
  95. Assalamualaikum kk,,
    Saya kan dri mipa, lalu pas pemilihan jurusan snamptn sya memilih untuk lintas jurusan, dg mengambil jurusan ilmu hukum, dn jurusan k2 nya ikm, terus apakah masih ada peluang buat sya lulus ke PTN itu? Dng jurusan yg sya ambil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, peluang tentu tetap terbuka, cuma masalahnya pertimbangan kuliah, tidak hanya nilai tinggi semata tetapi juga keberlangsungan dalam mengikuti pembelajaran nanti. sebagai contoh seseorang yg nilainya bagus di jurusan IPA kemudian memutuskan untuk mengambil IPS, tentu akan mengundang pertanyaan "mampu tidak dia belajar mata pelajaran IPS, sementara modal dia IPA". biasanya yg linier atau satu jalur misal IPA ke IPA atau IPS ke IPS yg akan lebih diutamakan. tetap berusaha dan berdoa

      Delete
  96. Assalamualaikum, mau nanya saya kan dari jurusan agama saya memilih pilihan pertama hukum keluarga dan yg kedua pendidikan Islam anak usia dini kira" saya udh tepat blm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, kalau dilihaT dari rating udah tepat pilihannya, tinggal persiapkan saja dengan matang karena persaingan sangat ketat terutama di UIN Jakarta.

      Delete
    2. Assalamualaikum. Saya mau bertanya pak jadi saya ingin mendaftar UM-PTKIN Jurusan B. Arab akreditasi A, Manajemen pendidikan islam Akreditasi A, dan manajemen dakwah B. Jadi yang sya pilih untuk menjadi pilihan pertama sampau ketiga yang mana pak? Mohon bantuan nya 🙏🙏 Wassalamualaikum

      Delete
  97. Saya tinggal di jakarta Dan saya memilih PTN di Jakarta dan yogya saya pengennya diterima dijakarta dngn jurusan hukum keluarga itu gmna ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persaingan di setiap wilayah dan juga jurusan sangat berbeda. umpamanya hukum keluarga di UIN jakarta tentu berbeda dengan di UIN lain. selain itu yg mempengaruhi persaingan juga apakah Universitas tersebut termasuk yg favorit atau tidak, ini biasanya diukur dari akreditasi universitas. UIN jakarta termasuk yg berakreditasi A oleh karenanya tidak ada cara lain kecuali mempersiapkannya dengan matang, ikutilah bimbel-bimbel yg sudah berpengalaman.

      Delete
  98. Assalamualaikum ka saya dari sma negeri didaerah Jawa Barat , jurusan ipa. saya mengikuti jalur span ptkin , namun binggung menempatkan pilihan pertama, nah pilihan tsb antara lain: pendidikan biologi-uin Bandung, pendidikan biologi-Semarang , tadris biologi-iain Cirebon. Nah menurut kaka lebih baik pilihan pertama di uin yg mana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia, untuk daya saing dari masing2 ptn tersebut dan untuk peluang nya tersendiri gimana ya ka

      Delete
    2. Wa'alaikumussalam wr wb, kalau pilihannya sama hanya beda Universitas pertimbangannya pertama adalah akreditasi Universitas itu, UIN bandung, UIN semarang, iain cirebon saat ini ketiganya terakreditasi B. kalau berbicara peluang iain cirebon tentu lebih besar karena persaingannya tentu tidak seketat UIN Bandung atau UIN Semarang. namun demikian menempatkan pilihan pertama UIN sudah tepat. mungkin saran saja untuk jadi pertimbangan adalah lokasi saya pikir yang lebih terjangkau lebih baik agar akomodasi lebih mudah...

      Delete
  99. Kak saya mau tanya saya dr jurusan ipa, tapi saya mau daftar ekonomi syariah dan pend. Mtk di uin lampung ,itu rating yg tinggi ekonomi dulu or pend. Mtk ya kak mohon respon kakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, ekonomi syari'ah rating lebih tinggi umumnya persaingannya lebih ketat, namun demikian dari tahun ketahun selalu berubah. pertama tempatkan pilihan pertama pada prioritas jurusan yang kita inginkan. jika prioritasnya ekonomi syari'ah maka pilihan ES kedua Pend Matematika. tapi jika prioritas jurusan yg di inginkan Pendi Matematika maka pilihan pertama Pend Matematika dan pilihan kedua akan lebih baik kalau pilih jurusan lain yang ratingnya dibawah Pend Matematika.

      Delete
  100. Assalamualaikum. . Kak saya lulusan MAN di samarinda, saya ingin mengikuti jalur umptkin , akan tetapi masih bingung mana yg lebih tepat saya ambil pilihan tsb yaitu :bahasa dan sastra arab-uin malang, bahasa dan sastra arab-uin makassar, bahasa dan sastra inggris-uin makasassar , jadi menurut kaka mana nih yang lebih tepat saya pilih dan mana yg urutan rating pemintanya lebih tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, Kalau pilihannya Universitas UIN Malang tentu rating lebih tinggi persaingan lebih ketat karena akreditasinya sudah A, tapi perlu diketahui bahwa rating tinggi biasanya berbanding terbalik dengan peluang. Rating semakin tinggi tentu peluang semakinb kecil karena persaingan semakin ketat, itu untuk pertimbangan memilih kampus. Tapi kalau pilihannya sastra inggri atau sastra arab hampir di semua UIN sastra Arab sedikit lebih tinggi ratingnya dibanding sastra Inggris, hal ini karena sastra inggris hampir ada di kampus2 di Indonesia sementara sastra arab hanya di kampus2 tertentu saja.

      Delete
  101. Assalamualaikum, Pak saya mau tanya. Saya mau daftar umptkin saat akan memilih jurusan ada 3 jurusan saya ingin memilih muamalah, ekonomi syariah dan management pendidikan agama, lalu bagaimana urutan yang benar Pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb,Pada dasarnya setiap pemilihan jurusan ada plus minusnya. kalau 3 jurusan diatas Muamalah dan ES tidak jauh beda sementara MP itu dibawahnya. kalau menempatkan M atau ES dipilihan pertama resikonya persaingan ketat peluang lebih kecil tapi peluang diterima di pilihan kedua atau ketiga ada. sementara kalau menempatkan MP di pilihan pertama peluang lebih besar tapi kalau gagal pada pilihan pertama, tidak bisa berharap pada pilihan kedua dan ketiga, kecuali mengganti pilihan kedua dan ketiga dengan jurusan yang ratingnya lebih rendah dari MP. Saran saya harus berani ambil resiko, pilih ES, M baru MP dengan syarat harus belajar sungguh-sungguh karena persaingannya sangat-sangat ketat. semoga membantu

      Delete
  102. Assalamu'alaikum pak saya mau tanya, saya mau ikut um-ptkin tapi saya masih bingung dalam menentukan pilihan jurusan yang akan saya pilih. rencana nya saya ingin memilih 3 jurusan : Komunikasi dan penyiaran islam-UIN Jakarta , Akuntansi Syariah-UIN SUKA , Komunikasi dan penyiaran islam-IAIN Cirebon. jadi menurut saran bapak bagaimana urutan yang benar pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, menurut saya urutan diatas sudah benar tinggal persiapkan dengan matang. semoga berhasil

      Delete
  103. Assalamualaikum , saya lulusan sarjana farmasi swasta mau melanjutkan profesi apoteker di uin jakarta, untuk pendaftaran apakah sama dengan stara S1 atau berbeda untuk profesi? untuk bayaran UKT sistemnya bagaimana untuk profesi apoteker ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, sama seperti S1, untuk UKT nanti ada isian form pengajuan nanti kita akan tahu masuk dalam kelompok 1,2,3,4 atau lima yang didasarkan kemampuan ekonomi orang tua.

      Delete
  104. untuk kuota profesi apoteker untuk lulusan luar uin berapa persen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, sejauh informasi yang saya tahu tidak ada kuota berdasar lulusan UIN maupun diluar UIN. Semua punya peluang sama...

      Delete
  105. Assalamualaikum kak, ika mau nanya, ika dr jurusan ipa ikut span, tapi bingung mau ambil jurusan apa, soalnya kata guru ika peluangnya kecil sma ipa kterima, trus ika mau ambil jurusan pgpaud di uinril lampung,kpi di uin jkt, tolong jelasin ka ttg jurusan span buat sma ipa apa aja, makasih kak^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, memang span PTKIN itu diprioritaskan untuk jurusan keagamaan, tapi asalkan nilai raportnya bagus dan background jurusanya memenuhi syarat (diterima oleh sistem) tidak masalah. tapi kalau dari ipa lebih tepat melalui jalur snmptn, sbmptn, atau jalur mandiri.

      Delete
  106. Assalamualaikum ..Saya mau tanya misal Saya ikut span pend yg lain karna pend mtk yg Saya minati tidak Ada di span tetapi 1 fakultas apakah bisa pindah jurusan dan memerlukan biaya lebih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Pindah jurusan bisa tapi prosesnya harus seleksi awal lagi melalui jalur yang ada Pend matematikanya misalnya jalur mandiri atau SBMPTN. Nanti mata kuliah yang sudah diambil di tahun sebelumnya kalau ada yang sama dengan mata kuliah di jurusan yang baru bisa di konversi sehingga tidak perlu diambil lagi. cara ini tidak dianjurkan karena hanya mengurangi beban mata kuliah saja. kecuali memang gagal pada jurusan P matematikan dan lulusnya di jurusan lain, maka bisa di coba lagi pada jurusan P matematika pada tahun berikutnya, kalau lulus baru mata kuliah yang pernah di ambil pada jurusan sebelumnya bisa bisa di konversi kalau ada mata kuliah y6ang sama sedang mata kuliah yang tidak sama tidak akan terpakai.

      Delete
  107. Assalamualaikum pak saya pilihan pertama pva ke2 pai apakah tepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, bisa saja tapi jika pilihan pertama gagal tidak bisa berharap banyak dari pilihan kedua karena PAI ratingnya sangat tinggi artinya peminatnya sangat banyak dan tentu persaingannya sangat ketat.

      Delete
  108. Assalamualaikum. Pak maaf saya mau pilih jurusan pertama Tasawuf Psikoterapi, kedua Bahasa dan Sastra Arab dan ketiga antara Bimbingan Konseling Islam dan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Apakah sudah tepat? Dan diantara keempat jurusan itu mana yang ratingnya tinggi? (Mohon diurutkan sesuai rating) oiya saya mau coba di UIN Bandung, tapi berdasarkan rating di UIN Jakarta juga gapapa kok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, Bahasa dan Sastra, Bimbingan Konseling Islam, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Tasawuf Psikoterapi. memilih jurusan berdasar tinggkat rating itu sebenarnya peluangnya lebih kecil dan persaingan berat hanya saja jika gagal pilihan pertama masih bisa berharap di pilihan kedua atau ketiga.

      Delete
  109. Assalamualaikum. Saya mau bertanya pak kan saya ingin ikut UM-PTKIN jurusan akutansi dan saya itu dari ipa. Apakah waktu tes saya harus tes jurusan ips tidak boleh ipa.kalau waktu tes saya ambil ipa apakah bisa keterima jurusan akutansi
    Wassamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, kalau jalur UM PTKIN akuntasi itu masuk kategori jurusan sosial jadi yang diujikan biasanya. Tes Potensi Akademik (TPA), B Arab, B Indonesia, B Inggris, Pengetahuan Agama, IPS, dan Matematika IPS. dan UM PTKIN, itu adalah seleksi masuk melalui tes tertulis dengan prioritas pilihan jurusannya adalah keagamaan dan sosial.

      Delete
  110. Assalamualaikum. Saya mau bertanya pak jadi saya ingin mendaftar UM-PTKIN Jurusan B. Arab akreditasi A, Manajemen pendidikan islam Akreditasi A, dan manajemen dakwah B. Jadi yang sya pilih untuk menjadi pilihan pertama sampau ketiga yang mana pak? Mohon bantuan nya 🙏🙏 Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr wb, kalau berdasar rating maka urutan pada pertanyaan sudah benar. Tinggal maksimalkan persiapannya karena tentu persaingannya akan sangat ketat apalagi jurusan B Arab termasuk favorit di fakultas Adab dan Humaniora.

      Delete
  111. assalamualaikum, saya berniat mencoba ujian mandiri UIN, apakah dari SMK dengan jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran bisa memilih prodi kesejahteraan sosisal dan pendidikan ips? jika bisa, sebaiknya mana yg lebih di prioritaskan untuk menjadi pilihan pertama ya pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, biasanya yang ada pengecualian itu adalah jika pilihan jurusannya adalah sains atau IPA, tapi kalau pilihannya sosial (kelompok IPS) dan agama biasanya bisa dari semua jurusan, jurusan Agama, IPS, IPA bahkan SMK. nanti bisa atau tidaknya system saat daftar yang akan memverifikasi.

      Delete